Untung 150 Trilyun Per Tahun Dari Jualan Kebab Pinggir Jalan

Dulu, pada awal mula buka usaha, outletnya hanyalah dua buah gerobak yang di jual di pinggir jalan, namun kini setelah mengalami perkembangan pesat, outletnya sekitar 1.300 di seluruh dunia, waww kerren abis.

Rejeki memang sudah di atur, tugas masnbuia hanyalah menjemputnya dengan sebaik-baiknya. usaha maksimal disertai dengan doa ibadah yang kencang.

Pada tahun 2003, seorang lelaki membuat inovasi makanan khas timur tengah yang membuat dirinya pada tahun ke 19 menjadi seorang trilyuner. Apa makanan khas dari timur tengah tersebut ?, dan juga bagaiman awal mula pria tersebut bisa mendapatkan cuan yang begitu banyak hingga trilyunan?.

Ya.. Namanya Adalah Kebab Turki Baba Rafi

Tentu bisnis kuliner tidak selalu mudah untuk memulainya, banyak jalan terjal yang harus dilalui hingga akhirnya menjadi berkembang dan mendatangkan omset profit setiap tahunnya. Lantas bagaimana awal mula perjalanan om Hendy Setiono sehingga dapat mengembangkan usaha kebab turki baba rafi nya ? bukan hanya di Indonesia tapi di beberapa negara seluruh dunia.

Ketika masih duduk di bangku kuliah tahun 2003, hendy mulai membangun niatnya untuk membangun bisnis kuliner ini. Ia merasa ingin sekali menekuni kegiatan bisnis usaha secara mandiri, hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti kuliah dan mulai jualan.

Mahasiswa institute teknologi sepuluh September itu mengatakan bahwa ingin membantu orang-orang yang kelaparan sekaligus memperkenalkan kebab timur tengah pada masyarakat yang belum pernah mencobanya.
Selain itu ia juga ingin menciptakan lapangan kerja, karena pada saat itu pekerjaan cukup sulit, sehingga ia beremcana ingin memiliki system franchise yang menjadi tujuan hidupnya.

Ia mulai menjalankan usaha bisnisnya yaitu kebab turki di pinggir jalan pada tahun 2003. Awalnya orang-orang mengira apa yang ia jual adalah martabak yang selama ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, padahal bukan.
Ia memperkenalkan jualannya adalah kebab turki baba rafi yang berasal dari timur tengah. Awal mula ia memilih kebab karena ia sering berkunjung ke luar negeri terutama Kawasan timur tengah. Salah satunya adalah negara Qatar.

Ia terinpirasi dari situ dan kemudian mengangkat icon bisnis yang saaat itu belum ada di Indonesia, sehingga ia mejadikan makanan itu mudah disantap oleh masyarakat Indonesia.

Modal Pertama Usaha 4 Juta Dari Pinjam Uang Adik

Hendy melakukan branding produknya pada gerobak pertamanya dengan sangat kuat, plus di tambah kerja kerasnya, dan mengumpulkan modal banyak, sehingga ia dapat membuka 6 cabang di tempat lain pada tahun pertama ia mulai merintis.

Ia mengaku pengumpulan modal ia dapatkan dari uang sang adik sebesar 4 juta. Dan Ketika ditanya bagaimana pengembalian uangnya, ia tidak bisa menjawab karena pada saat itu belum ada uang untuk membayarnya.
Oleh karena itu, ia menjadi semangat dan bekerja semakin keras, terpacu oleh hutang tersebut untuk segera melunasinya. Ia berniat untuk mengembangkan usahanya menjadi waralaba meskipun tidak punya skil bisnis pada saat itu.

Memang slah satu pemicu semangat dan kerja keras adalah ambisi. ya ambisi untuk segera melunasi hutang bagaimanapun caranya. Ketika diri seseorang sudah memilii tekad kuat untuk mendapatkan sesuatu dan kemudian ia menguatkan dengan sungguh sungguh, maka jalan menuju tujuan akan dipermudah, hingga akhirnya ie mendapat apa yang inginkan.

Dari sini, saya (admin) jadi teringat suatu surat dalam kitab suci islam yang berbunyi, “ketika kamu sudah bertekad bulat, maka bertawakkal lah kepada Allah”.

Artinya disini kita disuruh untuk bertawakkal dan menyerahkan dengan sungguh-sungguh hanya kepada Allah Tuhan kita, yakni hasil nya adalah mutlak dariNYA. Tugas kita sebagai hambanya adalah berproses, berproses, usaha, doa udah itu aja. Untuk hasil adalah menjadi urusanNYA.

Akan tetapi Tuhan itu maha adil dan maha bijaksana, DIA tahu mana orang yang bersungguh-sungguh dan ikhlas. Dia juga tahu mana orang yang kurang kuat dari prosesnya. Sehingga hak untuk membuat seseorang berhasil dan atau belum berhasil adalah dengan kebijaksanaanNYA, wallahu a’lam.

Jika belum berhasil menggapai apa tujuan yang di inginkan seseorang, barang kali itu adalah yang terbaik untuknya, bener kan?. Bisa jadi apa yang di inginkan itu tidak baik untuknya, dan keadaan gagal yang dialami saat ini adalah baik untuknya. Tuhan maha tahu dan hanya memberi yang baik-baik kepada umatNYA.

Berapa Hasil Keuntungan Usaha Kebab Setelah berkembang ?

Pengumpulan modal yang semakin lama semakin banyak, menjadikannya berkembang dan memiliki outlet yang tersebar di seluruh dunia, yakni Malaysia, china, Bangladesh, sri langka, filipina, hingga belanda di eropa sana. Total keseluruhan outletsnya sekitar 1.300 outlet. Wah kerren sekali bukan.

Expansi dan perluasan usaha ia terapkan untuk mendapatkan cuan yang lebih banyak di seluruh dunia, semakin banyak outlet usahanya, maka akan semakin hasil uang yang diperoleh.

bayangkan saja, seandainya setiap outlet perbulan mendapatkan omset 100 juta, maka berapa omset yang bisa didapat jika mempunyai 100 outlet? waww mantap sekalii..

Itu hanya hitungan estimasi, bisa jadi nominal yang didapat lebih tinggi atau bisa lebih rendah, intinya seperti itu.

Setelah lebih dari 15 tahun, hendi dapat meraup keuntungan sekitar Rp 150 Trilyun setiap tahun dari penjualannya, anjaay… mantabBBp.

Ia tidak pelit ilmu Ketika ditanya bagaimana kiat dan resep kebab turkinya bisa sangat berkembang seperti itu, ia mengaku masih pemula namun tidak ragu untuk membagikan ilmunya.

Sempat Dilarang Orang Tua Bisnis Jualan Kebab Baba Rafi

Pada walnya, karena usianya pada saat itu masih sangat belia yakni usia 19 tahun kalua tidak salah, ia sempat dilarang tuanya untuk memulai bisnis ini. Orang tuanya ingin ia focus pada kuliah dulu utnuk masa depannya.
Tapi ia tetap teguh dengan keinginan jiwanya, ia bekerja keras dan cerdas, dan berbuah manis. Hingaa akhirnya orang tua menjadi bangga pada anaknya yang dulu sempat ia larang untuk berbisnis. Tentu hal ini sangat membanggakan.

Namun di awal ia sempat tidak didukung oleh kedua orang tuanya, selain karena usianya yang masih sangat belia untuk memulai bisnis ini; kedua orang tuanya juga ingin ia menamatkan kuliahnya.

Ketika seorang sudah merasa di zona nyaman di dunia, maka itu adalah awal dari mundurnya seseorang, baik itu bisnisnya, bahkan mungkin dirinya sendiri. Zona nyaman memang sesutu yang asik dan enak, namun bisa menjadi boomerang bagi diri kita sendiri.

Zona ini memeng kalu bisa dihindari, karena dapat membuat kita malas gerak, dan mengurangi kreativitas kita, sehingga produktivitas menjadi semkin berkurang, dan akhirnya menjadi penyesalan.

Keluar dari zona nyaman, kemudian setelah berkembang begitu besar, hendi tetap melakukan bisnis dan aktif bergerak, ia mulai menjajaki bisnis baru yang masih berhububgn dengan usaha, yaitu merambah ke usaha frozen food, mantapPp !

Semoga inpirasi ini menambah ilmu wawasan dan semnagt teman-teman untuk terjun ke dunia bisnis usaha secepat mungkin. Tap semangat dan jangan menyerah !.

Leave a Comment