Ketahui Susunan Iklan di Google Ads Sebelum Beriklan

Google ads merupakan layanan yang dimiliki oleh Google untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin beriklan di google dengan tujuan mendapatkan pengunjung yang banyak.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa saat ini dan mungkin untuk seterusnya, banyak orang yang mencari kebutuhan atau ingin membeli suatu produk, maka orang tersebut mencarinya terlebih dahulu di internet. Dan rata-rata orang tersebut mencarinya di google.

Bisa dibayangkan, berapa banyak orang di seluruh dunia mencari sesuatu dengan kata kunci yang mereka cari, nah dari situ lah awalnya, kita bisa membuat iklan sesuai dengan kata kunci tersebut, sehingga promosi yang kamu lakukan dapat tersebar luas ke target yang kamu inginkan.

Bagaimana Cara Kerja Google Ads

Cara kerja iklan google ads ini jika di sederhanakan adalah dengan menampilkan hasil yang relevan pada pengunjung yang mencari suatu kata kunci di pencarian google.

Apabila kita membidik kata kunci yang merupakan target iklan, maka orang yang mencari kata kunci tersebut akan melihat web atau iklan kita di hasil pencarian google.

Jika yang kamu iklankan adalah berbentuk web, maka web kamu akan muncul di halaman pertama dan teratas di pencarian google, sehingga potensi mendapat klik kunjungan semakin besar.

Kamu bisa melihat contoh iklan yang ada di google ads dengan melihat adanya tulisan Ad yang dicetak agak tebal di atas situ web hasil pencariannya.

Perbedaan Google Ads dan Google Adsense

Dari namanya memang sekilas rada mirip, keduanya memang punya google, namun fungsinya beda dan bahkan saling berlawanan.

Google ads adalah platform yangh digunakan untuk melakukan promosi dan berilan dengan tujuan yang bermacam-macam. Sedangkan google adsense adalah kebalikannya, yaitu platform untuk menayangkan iklan dari para pengiklan.

Google adsense sendiri terbagi 2, yaitu dalam bentuk paltform web/blog yang biasa disebut publisher/penanyang, dan satunya lagi dalam bentuk video youtube.

Google ads di tujukan untuk para pengiklan dan perusahaan yang ingin berpromosi melalui jaringan google. Sedangkan google adsense adalah ditujukan untuk para publisher/penayang iklan.

Jenis-Jenis Iklan Google Ads

Ada beberapa jenis iklan yang terdapat di google ads, para pengiklan bisa memilih kampanya promosi yang tepat sesuai yang di inginkan agar mendapatkan hasil terbaik.

1. Search Campaign/ Kampanye Pencarian

Ini adalah iklan yang paling sering di jumpai di mesin pencarian google, seperti kita ketahui iklan ini sering muncul ketika kita mengetik suatu kata kunci di pencarian google, iklan ini akan berada di posisi yang paling atas atau yang paling bawah, ditandai dengan kata Ad yang muncul di samping atau di atas web hasil pencarian.

2. Display Campaign/ Kampanye Tampilan gambar

Jeis iklan ini berupa tampilan yang memiliki gambar, ataupun dari teks yang diatur/generate oleh pengiklan sendiri. Iklan ini biasanya muncul di jaringan google yang telah mendapat penerimaan (aprove) google adsense.

Biasanya iklan ini muncul di blog atau web yang membahas tentang kata kunci yang ditarget oleh pengiklan, sehingga  iklannya muncul disitu.

Selain itu iklan ini juga bisa muncul di platform jaringan iklan google lainnya, yaitu seperti youtube.

3. Shopping Campaign/Kampanye Belanja

Iklan shopping merupakan bagian dari search campaign yaitu dengan membidik kata kunci suatu produk. Namun disini lebih fokus kepada produk yang bisa ditampilkan secara visual dan bisa digeser.

Kampanya ini sangat bagus untuk menjual produk secara cepat, karena pengunjung yang sedang mencari kata kunci langsung bisa melihat gambar sekaligus harga tertera di hasil pencarian.

Biasanya yang sering pakai ini adalah perusahaan marketplace besar seperti shopee, lazada, tokopedia, bukalapak, dan lainnya.

Bahkan tak jarang marketplace dari luar negeri pun bisa tampil asal mereka menarget pasarnya seluruh dunia.

Iklan akan muncul dalam bentuk gambar ketika target audiens mengetik kata kunci di penelusuran google. Iklan ini akan tampil di bagian tab shopping yang ada di google.

4. Video Campaign/Kampanye Video

Iklan ini biasanya akan muncul dan tayang di platform youtube milik google. Ada beberapa jenis iklan video ini yang akan tampil di video youtube, yaitu seperti TrueView yang biasanya bisa dilewati setelah 5 detik, dan satu lagi iklan video bumper yang durasinya sekitar 6 detik yang tidak bisa di lewati oleh penonton video youtube.

Jika kamu menggunakan jenis iklan video ini, pastikan kamu memiliki video yang bagus dan gunakan untuk menggaet target audiens yang tepat.

kamu bisa juga menggunakan iklanini untuk menembah view channel youtube kamu.

5. App Campaign/Kampanye Aplikasi

Iklan ini addalah bagian dari display campaign, tujuan iklan ini adalah untuk mendorong orang melakukan penginstalan aplikasi yang ditawarkan, dan tentunya untuk konversi lainnya juga bisa.

Berbagai jaringan platform google akan menampilkan tayangan iklan ini seperti di youtube, google play, danjuga penelusuran.

Selain itu, iklanini juga akan tampil di blog atau web yang merupakan jaringan dari google adsense.

Bagaimana Perhitungan Biaya Google Ads

Dasar perhitungan biaya google ads beroperasi dengan model pay per click, artinya adalah pengiklan membayar atau ditagih sesuai dengan jumlah klik dari target audien yang meng-klik iklan.

Kata kunci yang ditarget memiliki nilai estimasi nominal tertentu yang semuanya itu bisa dilihat di dashbord keyword planner google.

Ketika ada orang mengklik iklan tersebut, maka kamu akan dikenai cas/biaya yang diambil dari deposit kamu secara otomatis, atau nominalnya di akumulasi sehingga pengiklan cukup membayart sesuai dengan jumlah klik yang didapatkan.

Selainitu, ada juga lainnya yang pelu diketahui oleh pengiklan, yang pada umumnya untuk memilih tawaran atau bids yang digunakan untuk beriklan :

  • Cost Per Click (CPC)

CPC adalah biaya per klik,  seperti yang dibahas diatas, pengiklan akan membayar sesuai jumlah klik yang diperoleh pada saat iklan ditampilkan atau dilihat oleh pengunjung.

  • Cost Per Mile (CPM)

CPM adalah biaya per seribu tayangan yang muncul di penelusuran atau yang muncul di berbagai jaringan dsiplay google. Pengiklan hanya akan membayar ketika iklannya dilihat oleh per seribu tampilan. baik di penelusuran maupun di berbagai jaringan platform google.

  • Cost Per Engagment (CPE)

Ikan ini biasanya ingin melibatkan target dalam respon suatu iklannya, seperti contohnya iklan video yang menargetkan audien yang menonton video selama lebih dari 10 detik.

Setelah video ditonton lebih 10 detik, maka secara otomastis pengiklan akan dikenai pembayaran , seperti itu lah sederhanya.

Persaingan Kata Kunci Untuk Beriklan

Banyak nya pengiklan yang menarget kata kunci yang sama, membuat google untuk memberikan harga tawaran di setiap kata kunci yang dibidik.

Semakin mahal tawaran pengiklan untuk membeli kata kunci target tersebut, maka google akan semakin menyarankan konten iklan nya, bisa di paling atas, atau sering muncul di video , dan dan juga di displai banyak blog jaringannya.

Semakin iklan itu bagus dan di sukai oleh pengunjung, maka google akan memberikan skor kualitas atau Quality Score untuk iklan. Semakin bagus quality scorenya, maka  google ingin memastikan iklan tersebut menempati urutan terbaik yang berpotensial untuk di kunjungi para target audiens yang mengetik kata kunci yang ditarget.

Kesimpulan

Memasang iklan di google ads merupakan teknik pemasaran digital yang ampu asal kamu tahu caranya, iklan kamu bisa di lihat oleh banyak orang di seluruh tempat yang kamu target dengan kata kunci yang ditarget. Orang-orang biasany akan mencari tahu suatu produk dan melihat review atau yang jual dimana.

Nah dari situ kamu bisa membidik kata kunci tersebut untuk di iklankan dan diarahkan ke situs web kamu, sehingga produk yang kamu tawarkan akan lebih mudah diketahui oleh masyarakat luas.

kamu bisa menggunakan landing page yang ampu untuk mempengaruhi calon pembeli agar mau melakukan konversi, yaitu untuk membeli produk, atau menginstal aplikasi, lead magnet email pengunjung, dan lainnya. gunakan kreativitas kamu untuk mulai beriklan di google ads. Salam semangat.

Leave a Comment